Waktu Saat Ini di Denpasar, Bali

SELAMAT DATANG

Foto saya
Selamat datang di blog saya. Ini adalah blog pertama yang saya buat, masih coba-coba dan belum ada yang sempurna di beberapa sisi. Blog ini saya isi dengan info-info, berita, maupun cerita-cerita yang bisa saling dibagi-pakaikan. Mohon masukan dari teman-teman di shoutbox atau menjadi follower saya di bawah. Terima kasih ya!

Kamis, 09 September 2010

Idul Fitri, Hari Kemenangan Umat Islam

Idul Fitri diperingati setiap tanggal 1 bulan Syawal dalam penanggalan Hijriyah (penanggalan Islam) dan merupakan hari pertama dalam penanggalan tersebut yang bisa berarti "Tahun Baru"-nya umat Islam di seluruh dunia. Sebelum merayakan hari Idul Fitri ini, umat Islam melakukan ibadah puasa sebagai bentuk pelaksanaan Rukun Islam yang ke-3 selama 29-30 hari pada bulan Ramadhan. Setelah puasa selesai dilaksanakan dalam rentang waktu tersebut, pada malam terakhir di bulan puasa/Ramadhan umat Islam melaksanakan yang disebut Takbiran yaitu bentuk perayaan menyebut "takbir" (Allahu Akbar) secara berulang-ulang untuk menyambut datangnya Idul Fitri


Penentuan jatuhnya tanggal 1 Syawal selalu berbeda-beda setiap tahunnya, ini dikarenakan penanggalan Hijriyah menggunakan patokan Hilal atau penampakan bulan pertama kali setelah bulan mati. Hal ini juga digunakan untuk menghitung kapan juga dimulai awal puasa di bulan Ramadhan.

Idul Fitri di Indonesia disebut sebagai Lebaran yang selalu dirayakan dengan meriah. Pada pagi hari umat Islam melakukan Shalat Ied di masjid-masjid, mushala atau di tempat terbuka lainnya apabila terdapat keterbatasan tempat. Setelah shalat ini digelar, mereka saling bermaaf-maafan antar saudara, keluarga, famili maupun kerabat lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar